Friday 13 May 2016

5 Klub Inggris Berlaga di UEFA Champions League Musim Depan, Mungkinkah? [Versi Jujur & Serius]



Catatan penulis: Ya, walaupun lumrahnya catatan penulis itu adanya di bagian bawah artikel namun untuk kali ini saya buat di atas. Tujuannya agar pengunjung blog ini bisa langsung membacanya. Baru saja saya terbangun, mungkin karena rasa bersalah terhadap kalian, para pembaca. Saya cukup kaget ketika tahu artikel ini sudah dibaca cukup banyak sejak penayangannya pagi tadi. Apa artinya? Artinya saya sudah membohongi cukup banyak orang, kecuali kalau pembaca sebelumnya sadar kalau saya sedang berbohong. Heuheu. Tapi, saya bukanlah pembohong biasa. Saya adalah seorang pembohong yang mengaku. Maka, simaklah artikel di bawah dalam versi yang JUJUR DAN SERIUS.

Beberapa hari ini pertanyaan mengenai topik di atas sedang hangat, khususnya dikalangan fans Manchester United yang timnya baru saja kehilangan peluang besar untuk lolos dan bermain di UEFA Champions League (UCL) musim depan. Well, jawaban dari pertanyaan di atas adalah MUNGKIN. Ya, Inggris mungkin mengirimkan 5 wakilnya untuk berlaga di UCL musim depan.
 
Ada beberapa sumber media online yang sudah membahas hal ini, walaupun kebanyakan dari mereka hanya menerjemahkan rilis resmi dari UEFA ke Bahasa Indonesia (ini rilis UEFA nya) tanpa menjelaskan apapun. Oleh karena itu, izinkan saya untuk menjabarkannya dalam Bahasa yang mudah dipahami (mudah-mudahan).

Tapi, saya bukanlah pembohong biasa. Saya adalah seorang pembohong yang mengaku. Maka, simaklah artikel di bawah dalam versi yang JUJUR DAN SERIUS.

 

Aturan Baru UEFA


Dengan dikeluarkannya aturan baru oleh UEFA tahun kemarin, dimana -untuk pertama kalinya- juara dari Liga Eropa di musim sebelumnya mendapatkan akses lolos ke fase play-off Liga Champions di musim berikutnya membuat penikmat bola di seluruh dunia menjadi saksi kedigdayaan klub-klub Liga Spanyol musim ini dengan mengirimkan 5 wakil mereka di Liga Champions. Sevilla, sebagai juara Piala Eropa musim 2014/15, menjadi wakil kelima dari Spanyol yang berlaga di Liga Champions musim ini (2015/16) menemani Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid dan Valencia. Klub yang disebutkan terakhir, mendapatkan kesempatan untuk bermain di Liga Champions melalui fase play-off. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena musim lalu (2014/15) klub-klub dari Liga Spanyol berhasil menjuarai Liga Champions dan Liga Eropa. Barcelona sebagai juara Liga Champions, Sevilla menjadi juara Liga Eropa. Menjadi juara di kedua kompetisi tersebut, membuat suatu Negara memiliki kemungkinan untuk menambah jatah wakil mereka di Liga Champions, dengan syarat, klub juara tersebut tidak lolos melalui kualifikasi peringkat di Liga domestiknya. Ini terjadi pada Sevilla yang musim lalu hanya berada di peringkat ke 5 (fyi, musim lalu Spanyol, bersama dengan Inggris dan Jerman mendapatkan jatah 4 tiket dari Liga domestiknya). Alhasil, selain dari jatah peringkat di Liga domestik, Spanyol mengirimkan Sevilla juga yang mendapatkan jatah tiket dari hasil juara Liga Eropa.

Hal yang sama bisa terjadi lagi musim depan, jika Sevilla berhasil mengalahkan Liverpool dan menjuarai Liga Eropa musim ini,yang membuat Spanyol kembali berkuasa di 2 kompetisi Eropa ini, namun gagal finish di 4 besar Liga Spanyol.

Menjadi juara di kedua kompetisi tersebut, membuat suatu Negara memiliki kemungkinan untuk menambah jatah wakil mereka di Liga Champions,

 

Apakah hal yang Sama Berlaku untuk Liga Inggris?


Maka pertanyaan lanjutan dari bahasan di atas adalah, apakah Inggris dapat mengirimkan 5 wakilnya ke Liga Champions musim depan seandainya Liverpool menjuarai Liga Eropa? Jawabannya adalah TIDAK. LIVERPOOL TIDAK MUNGKIN JUARA..#eh, maaf, terbawa emosi sebagai pendukung Manchester United. JIKA, DAN HANYA JIKA, Liverpool bisa menjuarai Liga Eropa musim 2015/16 ini, maka MUNGKIN bagi Inggris untuk mengirimkan 5 wakilnya untuk berlaga di Liga Champions musim 2016/17 mendatang. Jatah tersebut akan menjadi milik Leicester City (sebagai kampiun EPL musim 2015/16), Tottenham Hotspur (peringkat-2 EPL musim 2015/16), Arsenal (Jatah tiket alumni group stage Liga Champions, peringkat-3 EPL musim 2015/16) dan peringkat-4 EPL musim 2015/16 ini yang masih diperebutkan oleh tim Syeikh Dubai Manchester City dan Manchester United. Maka skenario Inggris untuk mengirimkan 5 wakilnya MASIH tetap ada untuk Liga Champions musim 2016/17 mendatang.


JIKA, DAN HANYA JIKA, Liverpool bisa menjuarai Liga Eropa musim 2015/16 ini, maka MUNGKIN bagi Inggris untuk mengirimkan 5 wakilnya untuk berlaga di Liga Champions musim 2016/17 mendatang

 

Lalu Apa Saja yang Akan Terjadi Jika Liverpool Menjuarai Liga Eropa Musim 2015/16 Ini?

Jujur, sebagai seorang fans Manchester United, menjawab pertanyaan di atas ini sulit. Sakit. Mengapa tidak, buat apa saya capek-capek nulis untuk membahas Liverpool. Namun, sebagai seorang pandit gadungan, rasanya perlu bagi saya untuk menyampaikan kebenaran, walaupun itu pahit. :( 

Baiklah, inilah skenario yang mungkin terjadi JIKA Liverpool menjadi juara Liga Eropa musim 2015/16 ini:

  1. Fans Manchester United, seperti saya, akan sangat tidak rela.
  2. Fans Manchester United, seperti kamu, juga akan sangat tidak rela.
  3. Liverpool akan menjadi wakil ke-5 dari Liga Inggris untuk berlaga di Liga Champions musim 2016/17 mendatang. Karena kandidat juara Liga Champions musim ini sudah pasti lolos kualifikasi peringkat di Liga domestiknya (Real Madrid dan Atletico Madrid akan finish di 3 besar), maka Liverpool akan langsung bermain di group stage Liga Champions musim depan tanpa melalui fase play-off.
  4. Klub peringkat ke-4 di Liga Inggris akan tetap berlaga di Liga Champions musim depan melalui fase play-off. 
  5. Jika peringkat ke-4 itu Manchester City, maka musim depan kita akan melihat Pep Guardiola berlaga di Liga Champions ke-9 nya secara berturut-turut semenjak musim 2008/09.
  6. Jika peringkat ke-4 itu Manchester United, maka fans mereka harus bersabar dan menaruh kepercayaan (lagi) kepada Louis Van Gaal karena menurut gossip yang beredar, LVG tidak akan dipecat jikalau bisa meloloskan Manchester United ke Liga Champions.
  7.  Arsenal akan menikmati musim ke-19 mereka di Liga Champions, secara berturut-turut semenjak 1998/99, dan tetap akan konsisten menjadi penggembira di Liga Champions musim depan.
Hal-hal itulah yang mungkin terjadi.

Pesan dari saya sebagai pandit gadungan, untuk para fans Manchester United, bersiaplah dengan jujur menjawab gambar ini:

sumber: omgnaija.com
 Jujurlah pada hatimu, kawan.

Udah, gitu aja. SEKIAN.

No comments:

Post a Comment