Wednesday 8 June 2016

[Euro'16 Series] Mari Pilih Tim Fantasy Euro-mu! - panduan untuk pemula



DISCLAIMER: Tulisan ini adalah tulisan lanjutan dari panduan bermain fantasy Euro’16 yang terbit kemarin. Perlu diingatkan kembali, ini merupakan buah pikiran dari seorang Pandit Gadungan, namun demikian bukan berarti tulisan ini tidak dapat dipertanggungjawabkan. Silahkan hubungi pos hansip terdekat jika ada keluhan mengenai tulisan ini. Selamat membaca!

Ini adalah lanjutan dari panduan cara bermain Fantasy Football Manager edisi Euro’16. Jika kamu belum membacanya, silahkan cek link berikut http://pahlawanakhirpekan.blogspot.co.id/
 
Baiklah, pada tulisan kali ini Pandit Gadungan akan memberikan tips dan trik bagaimana cara menentukan atau memilih 15 pemain yang akan bermain untuk tim-mu. Jikalau kamu sudah punya tim-mu sendiri, mungkin tulisan ini bisa jadi referensi untuk sekedar bongkar-pasang menentukan komposisi tim yang pas. Jika kamu yang benar-benar pemula, izinkan saya untuk membuat tulisan ini agar dapat kamu jadikan panduan dalam menentukan komposisi tim yang pas.  

 
(diambil dari situ uefa.com)

 

Starting Fund (Modal Awal)


Agar permainan ini menarik, maka tiap pemain hanya diberikan modal awal sebesar 100 Juta Euro (selanjutnya akan ditulis 100 EU) untuk menentukan 15 pemain yang akan bermain di tim. Sehingga kita harus jeli dalam mengatur pembelian pemain dan menghabiskan dana ini untuk pemain yang benar-benar dapat membawa poin besar untuk tim.

Seperti yang sudah dibahas ditulisan sebelum ini, komposisi 15 pemain tersebut terdiri dari:

  • 2 Goalkeepers (GK)
  • 5 Defenders (DEF)
  • 5 Midfielders (MID)
  • 3 Strikers (STR)

Baiklah, dari sini, izinkan saya untuk memberikan panduan untukmu dalam menentukan tim!
Mari kita mulai!

The Goalkeepers (GK)


Ok, seberapa penting kah sumbangan poin dari GK untuk tim-mu? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kamu harus tahu dulu sumber poin dari GK itu dari mana saja. Berikut adalah peluang dimana GK bisa mendapatkan atau kehilangan poin:


  • Bermain lebih dari 60 Menit = 2 Poin
  • Clean Sheet = 4 Poin
  • Melakukan penyelamatan = 1 Poin untuk setiap 3 kali penyelamatan
  • Menyelamatkan tendangan penalty = 5 Poin
  • Kebobolan tendangan penalty = -1 Poin
  • Kebobolan 2 gol atau kelipatannya = -1 Poin

Dari item-item di atas, GK yang tepat minimal bisa memberikan sumbangan 6 poin untuk tim-mu (bermain lebih dari 60 menit, 2 poin dan clean sheet, 4 poin). Melihat statistic di dua kompetisi internasional sebelum ini (Euro 2012 & World Cup 2014), German dan Spanyol merupakan negara dengan cleansheet terbanyak yaitu, 5 pertandingan. Jadi, kamu bisa melihat GK dari kedua negara tersebut menjadi pilihan utama di bawah mistar Gawang. Silahkan simak pengamatan Pandit Gadungan untuk nama-nama GK yang cocok dijadikan GK utama-mu.

Manuel Neuer, 6.0 EU

Dengan komposisi lini pertahanan yang tidak jauh berbeda dengan 2 kompetisi internasional sebelumnya dan melihat performa apik Neuer bersama Bayern Muenchen musim ini, maka tidak heran jika 37% dari pemain Fantasy Euro’16 memilihnya untuk menjadi kiper utama. Performa apik dengan 4 cleansheet di World Cup 2014 kemarin memang memberikan ketenangan untuk para manager yang berharap bisa mendulang 6 poin dari Neuer. Selain itu, di group stage, German hanya akan bertemu dengan Northern Ireland, Polandia dan Ukraina. Negara-negara yang di atas kertas seharusnya tidak akan memberikan ancaman terlalu serius untuk gawang Neuer. Mungkin, di group stage ini, jika tidak terjadi anomali, Neuer bisa mendulang cleansheet sempurna. Artinya? Kamu berpeluang untuk mendulang 18 Poin dari Neuer di group stage.

David De Gea, 5.5 EU

Jika nama besar Iker Cassilas berhasil ditumbangkan dengan performa menakjubkan De Gea sepanjang musim lalu bersama dengan Manchester United, maka De Gea bisa menjadi pilihan kalian jika ingin berhemat 0.5 EU. Duet Gerard Pique dan Sergio Ramos di lini belakang pun harusnya bisa memberikan jaminan keamanan gawang Spanyol. Ada 2 faktor yang mungkin bisa menjadi penghalang skenario pendulang poin dari De Gea. Pertama, De Gea bisa saja hanya menjadi cadangan dari Iker Cassilas dan kedua, penantang Spanyol di group stage pun bukan tim-tim yang bisa dianggap remeh, mereka adalah Croatia, Ceko dan Turkey, nama-nama yang memang terkenal memiliki semangat juang tinggi.

Hugo Lloris, 6.0 EU

Memiliki bandrol yang sama dengan Neuer, ada 19% peserta Fantasy Euro’16 yang memilih Lloris. Pertimbangan untuk memilih Lloris pun cukup jelas, dia membantu Tottenham Hotspurs meramaikan perebutan gelar juara EPL musim lalu dan Perancis di group stage tidak bertemu lawan yang bisa memberikan ancaman serius. Perancis akan cukup tenang melenggang dari Group A yang berisikan Albania, Romania dan Swiss. Selain itu, ada 2 faktor yang membuat Lloris menjadi pilihan menarik, selain karena Perancis adalah tuan rumah Euro’16 ini, lini pertahanan Perancis pun masih terbilang labil. Tidak ada nama besar yang terlalu mencolok di sana. Apa artinya? Artinya mungkin saja Perancis akan sedikit tertekan, namun dengan performa Lloris saat ini, kamu bisa berharap dia melakukan saves gemilang yang dapat menyelamatkan gawangnya dan juga menjadi sumber poin buat kamu.

Selain ketiga nama di atas, kamu juga bisa pertimbangkan nama-nama berikut sebagai GK mu Petr Cech (5.5 EU), Joe Hart (5.5 EU) dan Gianluigi Buffon (6.0 EU)

Dengan analisis yang sama, kamu juga bisa memilih GK yang tepat untuk tim mu. 
Sebenarnya, ada GK menarik dalam pengamatan saya sebagai Pandit Gadungan, yaitu dia adalah Rui Patricio. Dengan bandrol hanya 5.0 EU, GK Portugal ini berpotensi mendulang cleansheet karena di group stage, Portugal hanya akan bertemu dengan Austria, Hungaria dan Iceland.

Bagaimana dengan GK saya? Saya pribadi akan memasangkan Neuer dengan Rui Patricio. 

Total budget untuk GK = 11 EU.

Sisa budget = 89 EU.

The Defenders


Yap, setelah menentukan pasangan GK, berikutnya kita akan menentukan 5 nama untuk Defender. Perlu kamu catat, kompetisi Euro ini adalah kompetisi singkat, tidak seperti EPL yang berjalan selama 10 bulan. Stabilitas pertahanan itu penting, tapi, semua tim pasti ingin mencetak gol dan meraih kemenangan kan? Berikut adalah peluang dimana Defender mu bisa mendulang atau kehilangan poin:


  • Bermain lebih dari 60 menit = 2 Poin
  • Mencetak Gol = 6 Poin
  • Memberikan Assist = 3 Poin
  • Tim Clean Sheet = 4 Poin
  • Kebobolan 2 gol atau kelipatanya = -1 Poin
  • Kartu Kuning = -1 Poin
  • Kartu Merah = -3 Poin
  • Gol Bunuh Diri = -2 Poin

Berdasarkan asumsi ini, mari kita pilih Defenders dengan kemampuan yang handal dalam mencetak gol, entah dia yang punya skill sundulan yang hebat ataupun dia yang punya skill dan kesempatan melakukan eksekusi bola mati. Bermain di tim besar pun menjadi jaminan mendapatkan poin. Dan jangan lupa, pemain yang kamu pilih jangan yang jago bunuh diri nya ya.

Mari kita lihat-lihat nama berikut:

Sergio Ramos, 6.5 EU

Ya, Sergio Ramos. Siapa yang menyangsikan kehabatan Ramos di lini pertahanan Spanyol? Dia hebat dalam menjaga daerah dan juga rajin naik ke depan ketika ada set piece. Maka, peluang untuk mendapatkan cleansheet dan mencetak gol pun besar. Lagipula, rekor bunuh diri Ramos pun tidak besar. Yang perlu diperhatikan adalah agresivitas nya, Ramos bisa saja menerima kartu kuning jika harus berjibaku melawan tim dengan penyerang yang ngotot dan Croatia, Ceko serta Turkey sayangnya ada di kategori ini.

Gerard Pique, 6.5 EU

Duet Ramos di lini pertahanan Spanyol ini memiliki keuntungan yang sama dengan Ramos. Bedanya, mungkin Pique bisa bermain sedikit lebih kalem. Tapi, kecepatan striker lawan bisa saja menjadi pemicu Pique untuk mendapatkan kartu kuning.

Jordi Alba, 7.0 EU

Inilah dia Defender dengan bandrol harga termahal di Fantasy Euro’16 hingga hari ini. Mungkin atribut dan performa nya bersama Barcelona musim kemarin menjadi pertimbangan pembuat game ini untuk membandrol nya dengan harga tinggi. Agresivitas menyerang yang tinggi dan juga stabilitas lini pertahanan Spanyol yang baik membuat peluang Jordi Alba selain bisa mendapatkan poin dari cleansheet dan mencetak gol adalah kemampuannya dalam mengirimkan umpan yang bisa saja berbuah sebuah Assist. Walau begitu, hanya 7% pemain Fantasy Euro’16 yang memilih Jordi Alba sebagai Defender nya.

Mats Hummels, 6.5 EU

Benteng di depan Manuel Neuer ini dipilih oleh 23% pemain Fantasy Euro’16. Walaupun Hummels tidak memiliki agresivitas mencetak gol seperti trio Defenders Spanyol di atas, namun stabilitas pertahan German bisa menjadi jaminan Hummels mendapatkan 6 poin. Yaa, setidaknya di group stage.

Toby Alderweireld, 6.5 EU

Saya juga kurang paham mengapa Alderweireld menjadi 1 dari 4 Defender dengan bandrol 6.5 EU. Mungkin performa nya musim lalu bersama Spurs mendongkrak nilai nya di Fantasy Euro’16 ini. Selain itu, mungkin factor Curtois juga bisa memberikan jaminan stabil nya pertahanan Belgia.

Ya, itulah tadi nama-nama defender dengan bandrol termahal di Fantasy Euro’16. Kalau kamu tanya saya, saya hanya akan mengambil 1 nama saja dari list di atas. Saya akan pilih Sergio Ramos.
Tips nya, jangan membuang uang terlalu banyak di Defenders. Karena itu tadi, setiap tim akan memiliki kecendrungan untuk menyerang dan mencetak gol. Oleh karena itu, cleansheet bukanlah tujuan utama kita. Tapi carilah pemain bertahan yang bisa membantu penyerangan. Dan jangan lupa, pilihlah pemain dari tim yang memiliki stabilitas pertahanan yang bagus.

Defender pilihan saya? Berikut adalah Defender pilihan saya. Sergio Ramos (6.5 EU), Jerome Boateng (6.0 EU), Pepe (5.5 EU), Emanuele Giaccherini (5.0 EU), John Stones (4.5 EU). 

Pemilihan ini didasarkan pada formasi 3 defender yang akan saya pilih. Seperti yang sudah ditulis di atas, defenders bukan sector utama yang akan menjadi pendulang poin pada permainan ini, oleh karena itu 2 dari 5 nama di atas adalah pilihan formalitas saya untuk group stage. Namun, stabilitas pertahanan yang solid juga tetap diperlukan. Itulah mengapa nama-nama di atas saya masukan di squad.

Total Budget untuk Defender = 27.5

Sisa Budget = 61.5

Yap. Demikianlah kisi-kisi singkat mengenai tips memilih GK dan Defender. Besok akan terbit lagi analisis ngawur dari Pandit Gadungan untuk tips memilih Midfielder dan Striker.

Udah ya, gitu aja. SEKIAN


Salam Pandit Gadungan!

2 comments:

  1. good,ditunggu tips berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, Mas Aji. Tulisan sambungannya sudah terbit. Hati-hati, isinya adalah kumpulan omong kosong. :)

      btw, thanks udah sempetin baca-baca.

      Delete