Tuesday 7 June 2016

[Euro'16 Series] Panduan Bermain McDonalds Fantasy Euro 2016 - untuk Pemula



DISCLAIMER: tulisan yang akan kamu baca adalah buah pikiran dari seorang Pandit gadungan. Namun, bukan berarti tulisan ini tidak dapat dipertanggung jawabkan ya. Kalau ada yang salah dari tulisan ini, silahkan untuk menghubungi pos hansip terdekat. Sebelum kalian misuh-misuh, ini adalah panduan yang dikhususkan untuk pemula ya, bukan kamu yang pecandu berat dan ingin meraup untung dari permainan ini. Oh iya, ini sengaja dibuat kecil tulisannya biar kayak syarat dan ketentuan di iklan-iklan atau promo-promo.
Selamat membaca!

McDonalds Fantasy Euro’16


Yap, ini adalah permainan strategi Fantasy Football Manager yang biasa kamu mainkan, jika sudah pernah memainkannya, ketika musim Liga Inggris bergulir. Sebenarnya, bukan hanya Liga Inggris saja, namun karena ketenaran dan hak siar televisi nya yang sudah mendunia, Fantasy Football Manager untuk Liga Inggris memang lebih terkenal dibandingkan dengan kompetisi domestik lainnya. Nah, McDonalds Fantasy Euro’16 ini adalah fantasy football manager khusus untuk perhelatan Euro Cup 2016.

 

Apa itu McDonalds Fantasy Euro’16?

 

(diambil dari situs uefa.com)

 

 Baik. Ini adalah pertanyaan selanjutnya. Jadi, dalam permainan ini kamu akan menjadi seorang manager yang mengelola tim sepakbola berisikan 15 pemain. 15 pemain tersebut akan kamu pilih dari pemain-pemain yang bermain untuk tim nasional sepak bola negara nya dan berpartisipasi di ajang Euro Cup 2016 ini. Jadi, kalau ada yang tanya “kak, kok saya ga bisa milih Messi?” atau “bang, kok Suarez ga ada ya? padahal kan dia main di Barcelona?” yap, pertanyaan mengada-ada seperti ini sudah jelas jawabannya. Messi bermain untuk Argentina, yang tim nasional negara nya terafiliasi dengan Conmebol, jadi jelas tidak ikut serta dalam perhelatan Euro 2016 ini. Untuk Suarez, hal yang sama juga berlaku ya. Jadi, sudahi saja pertanyaan mengada-ada seperti itu dan focus ke penjelasan berikutnya.

 

Tim yang akan kamu kelola


Seperti yang sudah dituliskan di atas, kamu akan menjadi manager dari tim yang terdiri dari 15 pemain. Berikut komposisi pemainnya.
  • 2 slot pemain untuk Kiper (GK)
  • 5 slot pemain untuk Pemain Bertahan (Def)
  • 5 slot pemain untuk Pemain Tengah (Mid)
  • 3 slot pemain untuk Pemain Depan (Att)
Dari 15 pemain tersebut, kamu harus menentukan 11 pemain sebagai starting eleven untuk setiap matchday. Score tim kamu didapat dari akumulasi score yang didapatkan oleh 11 pemain yang kamu pilih tersebut. Jika dari 11 pemain yang sudah kamu tentukan ada yang tidak bermain di matchday tersebut, maka dapat digantikan oleh 4 pemain kamu yang berada di bangku cadangan. Selain itu, kamu harus menentukan satu orang captain untuk setiap matchday nya. Score untuk captain akan dikalikan 2. Jadi, jika memilih Pogba sebagai Captain, dan di matchday tersebut dia mendapat score 7, maka total score yang akan didapat adalah 14.

 

Aturan-aturan yang berlaku

 

1.     Kick-Off Euro’16


Untuk kamu yang ingin bermain Fantasy Euro’16 ini, pastikan kamu sudah mendaftar dan menentukan tim pilihanmu sebelum kick-off Euro’16 ini dimulai tanggal 10 Juni 2016 nanti ya. Silahkan cek link berikut ya. http://eurofantasy.uefa.com/

 

2.     Hari Pertandingan (Matchday)


Tidak seperti EPL Fantasy Football yang menerapkan gameweek untuk satu putarannya, pada Fantasy Euro’16 ini satu putaran akan menggunakan matchday. Jadi, satu putaran akan dianggap selesai apabila semua tim yang bertanding di level tersebut sudah bermain dan memiliki jumlah game yang sama. 

Untuk Euro’16 ini akan ada 7 matchday sebagai berikut:

  • Matchday 1 : 10 June 2016 -> first game for every teams
  • Matchday 2 : 15 June 2016 -> second game for every teams
  • Matchday 3 : 19 June 2016 -> third game for every teams and final game for the group stage
  • Matchday 4 : 25 June 2016 -> babak 16 besar
  • Matchday 5 : 30 June 2016 -> babak perempat final
  • Matchday 6 : 06 July 2016 -> babak semi final
  • Matchday 7 : 10 July 2016 -> Final

 

3.     Transfer


Setelah kamu menentukan 15 pemain untuk tim-mu, kamu juga bisa melakukan transfer pemain. Transfer di sini maksudnya kamu bisa melakukan jual-beli untuk mengatur komposisi pemain di tim-mu. Kalau pada EPL Fantasy Football kamu mendapatkan 1 Free Transfer setiap gameweek, untuk Euro’16 ini aturan transfer nya sedikti berbeda. Kamu bisa melakukan Unlimited Free Transfer selama kick-off Euro’16 belum dimulai. Jadi, kalau kamu saat ini sudah punya tim dan masih mau bongkar-pasang, kamu bisa melakukannya sebanyak mungkin dan gratis, sebelum tanggal 10 Juni 2016. 

Setelah itu, aturan free transfer akan berlaku seperti ini:

  • Group Stage. Akan ada 1 Free Transfer untuk setiap Matchday
  • Babak 16 Besar. Dari group stage ke 16 Besar, kamu akan diberi Unlimited Free Tranfer dengan deadline kick-off pertandingan pertama dibabak 16 besar dimulai.
  • Babak Perempat Final. Dari 16 besar ke Perempat Final, kamu akan diberikan 4 Free Transfer untuk mengatur ulang komposisi tim-mu.
  • Babak Semi-Final. Dari Perempat Final ke Semi Final, kamu akan diberikan 6 Free Transfer untuk mengatur ulang komposisi tim-mu,
  • Babak Final. Dari Semi Final ke partai Final, kamu akan diberikan 6 Free Transfer. Ini pun berlaku untuk perebutan juara 3 ya.
Di luar kesempatan Free Transfer di atas, kamu tetap bisa melakukan pergantian pemain, namun dengan melakukan hal tersebut poin tim-mu akan dikurangi 4 untuk setiap transfer yang dilakukan. Jadi, kalau kamu melakukan transfer 2 pemain di luar Free Transfer di atas, tim-mu akan dikurangi 8 poin.

Tapi, jika kamu memang perlu untuk mengganti komposisi tim-mu, sama seperti Fantasy Football manager yang biasa, kamu diberikan 1 wildcard untuk melakukan Unlimited Free Transfer yang bisa digunakan 1 kali saja sepanjang turnamen ini.

 

4.     Pergantian Pemain (Substitutions)


Tidak seperti EPL Fantasy Football dimana hanya ada satu jenis pergantian pemain, pada Euro’16 ini ada 2 jenis pergantian pemain. Pada permainan ini berlaku Manager Substitutions dan Automatic Substitutions.


Manager Substitutions.

Fitur baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pergantian pemain secara manual. Berikut contoh pergantian pemain yang bisa kamu lakukan:
  • Kamu bisa melakukan pergantian pemain di starting eleven mu secara manual di dalam matchday yang sama dengan pemain yang ada dibangku cadangan mu. Misalkan, kamu memasang Dimitri Payet, namun ternyata di partai pertama nilai Payet tidak memuaskanmu entah karena Perancis tidak menurunkan Dimitri Payet atau Payet hanya bermain seadanya, maka kamu bisa mengganti Payet dengan pemain yang ada di bangku cadanganmu yang tim nya belum bermain di matchday tersebut. Misalkan di bangku cadanganmu ada Antonio Candreva. Maka kamu bisa mengganti Payet dengan Candreva karena Italia di matchday 1 bermain dihari yang berbeda dengan Perancis.
  • Kamu bisa mengganti Captain di matchday yang sama. Misalkan, kamu memilih Paul Pogba sebagai Captain-mu, namun lagi-lagi penunjukan Pogba sebagai Captain ini tidak memberikan kontribusi nilai yang memuaskan, maka kamu bisa memindahkan ban Captain-mu ke pemain lain yang ada di starting eleven mu yang tim nya belum bermain. Misalkan, kamu memindahkan ban Captain mu dari Pogba ke Robert Lewandowski yang bermain untuk Polandia di hari berikutnya.
Ada beberapa ketentuan yang berlaku pada fitur Manager Substitutions ini, yaitu:
  • Manager Substitutions dapat digunakan selama matchday yang sedang bergulir belum berakhir.
  • Pemain yang akan kamu ganti tidak terkena kartu merah.
  • Pemain pengganti adalah pemain yang tim nya belum bertanding di matchday tersebut.
  • Nilai pemain yang kamu ganti, akan menjadi 0.
  • Bonus Captain yang diganti, akan menjadi 0. Jadi, captain lama mu hanya mendapat nilai standard nya.
  • Kalau kamu menggunakan fitur Manager Substitutions maka Automatic Substitutions tidak akan aktif.

Automatic Substitutions.

Fitur yang juga terdapat pada Fantasy Football Manager biasa, fitur ini akan melakukan pergantian pemain secara otomatis. Jadi, jika di starting eleven mu ada pemain yang tidak bermain untuk tim nya, maka otomatis pemain tersebut akan diganti oleh pemain yang ada dibangku cadanganmu. Formasi tim mu pun akan secara otomatis menyesuaikan komposisi tim mu saat itu. Sistem akan melakukan penggantian pemain dengan urutan sesuai dengan urutan bangku cadanganmu. Fitur ini akan aktif jika kamu tidak menggunakan fitur Manager Substitutions di atas.


5.     Sistem Scoring (penetuan Poin Pemain)


  • Bermain kurang dari 60 menit = 1 Poin
  • Bermain lebih dari 60 menit = 2 Poin
  • Mencetak Gol = 6 Poin (jika dilakukan oleh GK atau Def), 5 Poin (jika dilakukan oleh Mid) dan 4 Poin (jika dilakukan oleh Att)
  • Memberikan Assist = 3 Poin
  • Clean Sheet = 4 Poin (GK dan Def yang bermain minimal 60 menit) dan 1 Poin (Mid yang bermain minimal 60 menit)
  • Aksi yang menghasilkan Penalti = 2 Poin
  • Kebobolan dari Tendangan Penalti = -1 Poin (untuk GK)
  • Gagal mencetak gol dari Tendangan Penalti = -2 Poin (untuk penalty kick taker)
  • Menyelamatkan Penalti = 5 Poin (untuk GK)
  • Kebobolan 2 gol dan kelipatannya = -1 Poin (untuk GK dan Def yang bermain)
  • Kartu Kuning = -1 Poin
  • Kartu Merah = -3 Poin
  • Membuat Penyelamatan = 1 Poin untuk GK setiap 3 kali penyelamatan.
  • Gol Bunuh Diri = -2 Poin

Nah, penjelasan mengenai Fantasy Euro’16 untuk pemulanya segitu dulu aja ya. Kalau tertarik silahkan buat tim mu sebelum 10 Juni 2016 ya. 

Besok, akan ada panduan dan tips & trick untuk menentukan squad mu di Fantasy Euro’16!

Udah ya, gitu aja. SEKIAN


Salam Pandit Gadungan!

3 comments:

  1. Nice gan,
    Seperti fpl gan, seumpama md1 tidak ada transfer apa betul akan diakumulasi di md2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah..ini tidak disebutkan di rules nya sih. Tapi, sepertinya tidak akan diakumulasi, Mas. Karena dari group stage ke 16 besar kita bakal dapat unlimited free transfer.

      Delete